Pilar-pilar Utama Membangun Keluarga Sakinah Sepanjang Masa

Membangun keluarga yang sakinah memang tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dilewati oleh sebuah pasangan suami istri ketika mereka membawa bahtera rumah tangga dalam mengarungi kehidupan ini yang sangat banyak sekali cobaannya. Jika tidak terdapat kecocokan sedikit saja yang bisa memicu perceraian, maka sesungguhnya pasangan suami istri harus bisa mengedalikan emosi agar tidak terjadi perceraian yang justru akan merugikan kedua belah pihak. Disitulah peran suami istri dalam mengendalikan dan menjalankan fungsinya masing-masing dalam keluarga.

keluarga sakinah

Keluarga merupakan sebuah negara kecil dimana ada seorang pemimpin keluarga yang harus bisa membawa keluarganya menuju keberkahan dan Ridha Illahi. Apa saja pilar utama dalam membangun keluarga sakinah sepanjang masa?.

Ada beberapa pilar utama dalam membangun keluarga sakinah agar bisa awet dalam berumah tangga, antara lain :

Ikhlas Dalam Berumah tangga

Ikhlas disini adalah pengertianya kita ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada pasangan hidup kita. Kita sebagai suami harus menerima apa adanya istri kita, dan begitu pula sebaliknya apabila kita sebagai istri harus ikhlas menerima kekurangan suami kita, terlebih kelebihannya.

Memang kita dipasangkan dari pasangan yang berbeda, lihat saja jenis kelamin kita memang berbeda, begitu pula dengan pasangan kita, pasti akan banyak perbedaan. Dan pernikahan itu sesungguhnya menyatukan perbedaan. Jadi mari kita ikhlas menerima pasangan hidup kita, kita terima kekurangannya dan kelebihannya.

Saling Memberi Dan Berbagi

Kita dilahirkan dengan segala kekurangan dan kelebihan. Dalam hidup berumah tangga kita sebagai pasangan harus sering memberikan apa yang kita miliki untuk keutuhan rumah tangga kita, agar bisa menjaga hubungan baik dengan pasangan hidup kita.

Apa yang menjadi kelebihan kita, maka berikanlah kepadanya, baik itu cinta kasih, moral yang baik, ilmu yang bermanfaat serta apa saja yang kita miliki saat ini, maka berikanlah kepada orang yang kita sayangi yaitu pasangan kita, Insya Allah jika kita sering memberi maka akan banyak kebaikan yang akan kita dapatkan dalam berumah tangga, seperti ketentraman, kebahagiaan, keluarga yang sakinah dan terlebih lagi adalah ketika kita merasakan ada surga dalam rumah tangga kita. Amminn.

Saling Menghormati dan Menghargai

Apabila ada perbedaan yang mendasar dalam kehidupan berumah tangga, janganlah menjadi pemicu perceraian. Sesungguhnya perceraian adalah sesuatu yang dibenci oleh Allah. Maka kita sebagai orang yang dewasa harus pintar dalam memilah-milah masalah yang ada, bukan justru segera mencari kambing hitam dalam sekejab.

Keluarga merupakan sebuah karunia yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, apalagi bagi seorang anak yang butuh kasih sayang serta contoh suri tauladan yang ia butuhkan kelak ia dewasa nanti. Figur orang tua yang saling menghormati dan menghargai, akan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab kelak ia besar dan berumah tangga nantinya.

Oleh karenanya, sekecil apapun masalah yang kita hadapi saat ini, janganlah menyalahkan orang lain, segera intropeksi kedalam, terutama jika kita sebagai orang yang beriman, segeralah minta ampun kepada Allah, dan memohon agar ditunjukkan jalan keluar dari segala masalah.

Saling menasihati

Sesungguhnya saling menasihati dalam rumah tangga adalah hal dianjurkan dalam agama, karenanya kita dalam berumah tangga harus bisa menahan emosi dan saling memberikan pencerahan kepada pasangan hidup, menasihati bukanlah mencela atau mencemooh, namun menasihati agar kita bisa bersatu dalam keluarga yang langgeng dan bebas dari segala celaan orang.

Keluarga merupakan tempat kita untuk bisa beribadah dengan tenang kepada Allah Swt. Dan dalam ketenangan tersebut akan semakin besar frekuensi kita dalam berdoa untuk dikabul, apabila keluarga tempat kita tinggal merupakan keluarga yang sakinah, yang penuh dengan ketaatan dalam beragama serta saling mengingatkan dalam kebaikan.

Semoga kita menjadi orang-orang yang faham betul akan arti pentingnya keluarga yang kita miliki saat ini, karena keluarga merupakan anugerah yang sangat besar dari Allah Swt yang diberikan kepada kita, agar kita selalu menjaganya dan memelihara keluarga kita agar terus menjadi keluarga sakinah yang selalu ta’at menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Aamiin ya robbal alamin

Baca juga artikel seputar keluarga lainnya.
Jenis-jenis asuransi keluarga
Tips menentukan tempat liburan keluarga

error: Content is protected !!