Ramadhan Tiba Dekatkan Diri Dengan Alquran

Bulan Ramadhan akan segera tiba menghampiri kita, selayaknya kita mempersiapkan diri agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya amalan kita. Banyak yang akan kita lakukan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan ramadhan. Diantaranya adalah dengan membaca Alqur’an.

Alqur’an memberikan banyak petunjuk dan hidayah kepada kita, maka kita akan mendapatkan keagungan serta kebaikan dengan membaca kalam-kalam Allah dalam Alqur’an. Di dalam bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat baik dalam membaca Alqur’an karena memang dalam bulan Ramadhan Alqur’an pertama kali diturunkan.

Membaca Alqur’an menjadi ladang bagi kita untuk mendapatkan pahala yang begitu banyak dari Allah swt. Begitu juga di dalam bulan Ramadhan , dimana membaca satu huruf Alqur’an akan dibalas dengan banyak sekali kebaikan, Subhanallah.

Jika diluar waktu Ramadhan kita mungkin memiliki sedikit waktu untuk membaca Alqur’an, Nah kesempatan bagi kita untuk membaca lebih banyak lagi Alquran yang ada dirumah kita.

membaca-alquran

Terlebih jika kita ingin selangkah lebih tinggi lagi dalam membaca Alqur’an, yaitu dengan menghafal Alqur’an, mentadaburinya, mengajarkannya dan mengamalkannya. Sesungguhnya Alqur’an itu adalah jalan kita untuk mendapatkan kemuliaan dalam hidup kita.

Hal-hal berikut adalah yang bisa Anda lakukan seputar membaca Alqur’an di bulan Ramadhan;

1. Sediakan waktu yang cukup berkualitas untuk bisa membaca dengan khusyuk dengan Alqur’an. Biasanya setelah shalat fardhu untuk membaca Alqur’an.

2. Bagilah waktu agar bisa khatam Alqur’an dalam bulan Ramadhan. Dengan waktu yang maksimal dalam membaca Alqur’an, Insya Allah kita bisa meng-khatamkan Alqur’an dengan sempurna.

3. Jangan membaca Alqur’an dengan banyak sekaligus tapi lebih lama istirahatnya. Lebih baik membaca sedikit-sedikit namun kita bisa membaca secara kontinu, misalnya rutin sebelum dan sesudah shalat fardhu di bulan ramadhan.

4. Isilah rumah kita dengan lantunan Alqur’an dari anak-anak kita, istri kita dan tentunya dari kita sendiri sebagai kepala rumah tangga. Rumah tangga yang selalu diisi dengan bacaan Alqur’an akan selalu diberikan keberkahan dan kemuliaan oleh Allah swt.

5. Sedekahkan Alqur’an-Alqur’an baru untuk mesjid-mesjid yang terdekat dengan rumah Anda. Selain menambahkan pahala sedekah untuk Anda, semakin sempurna pula ibadah puasa kita di bulan Ramadhan
Masih banyak lagi kebaikan-kebaikan dalam membaca Alqur’an dibulan Ramadhan suci ini. Baca dan Hafalkan Alqur’an agar kita mendapatkan kebaikan dari Allah swt.

Baca juga : Hidup tenang bebas hutang

Semoga kita diberikan kesehatan agar bisa beribadah dalam bulan Ramadhan. Mohon do’a juga bagi penulis blog ini agar diberangkatkan umroh tahun ini, Amin

error: Content is protected !!