Renungan Hidup – Berkawan dan Berbangga-lah Dengan Masalah

Dalam kehidupan, semua manusia pasti akan merasakan dan menemukan masalah dalam hidupnya. Kadar masalah setiap manusia memang berbeda-beda, namun satu hal yang pasti, hidup adalah masalah. Namun sebenarnya masalah itu tergantung bagaimana kita menyikapinya serta memaknainya. Ada yang sangat serius menyikapi, namun ada juga yang santai-santai saja. Berbagai masalah sebenarnya justru mendidik dan mendewasakan kita kepada apa yang akan kita hadapi dalam hidup ini.

berteman-dengan-masalah

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat sempurna. Jadi sangatlah rugi ketika kita diberikan sebuah masalah, kita justru lari dari masalah. Alhamdulilah kita yang telah diberikan bekal iman yang akan meng-guide kita untuk mencari jalan yang dibenarkan Allah dalam menghadapi berbagai masalah.

Baca juga : Buku Yusuf Mansur Terbaru Rahasia Kesuksesan dan Kekayaan Terbaru

Dalam menyikapi masalah ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :

Yang pertama, seberapa beratkah masalah ini, sehingga terkadang kita melupakan Allah ketika sedang menghadapi masalah. Disinilah Allah menguji iman kita sebagai Hamba-Nya. Apakah kita akan bersabar atau justru sebaliknya malah kita tidak bersabar dalam menghadapi masalah kita.

Apabila dirasakan terlalu berat masalah yang sedang kita hadapi, segeralah menghadap Allah, laporan setiap shalat malam yang dianjurkan oleh Allah, agar kita selalu melapor kepadaNya tentang apa yang kita rasakan dalam hidup ini. Merintihlah dan mintalah ampunan-Nya dan segera bertaubat akan dosa yang kita kerjakan. Semoga Allah mengampuni dosa kita.

Sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan melampui kemampuan makhluk-Nya, dan yakinlah seyakin-yakinnya bahwa dibalik semua masalah pasti ada hikmahnya. Dan memang kita sebagai makhluk Allah, kita harus menghadapi semua masalah yang Allah berikan kepada kita. Sesungguhnya pula Allah tidak ada bermaksud memberikan masalah kepada kita, kecuali Allah menginginkan kita menjadi makhluk yang lebih taat dan lebih baik keimanannya kepada Allah.

Yang kedua, janganlah berpaling dari Allah ketika menghadapi masalah, yakin seyakinnya kalau Allah memberikan cobaan masalah, itu tanda kita akan dinaikkan kelas oleh-Nya, apabila kita mau bersabar dan tawakkal dalam menjalani cobaan masalah tersebut.

Baca juga : Artikel Admin Artikel Keluarga di Selamat Morning Indonesia Yusuf Mansur

Jadi bersabarlah teman-teman dalam menghadapi segala permasalahan hidup ini, justru dengan masalah yang bisa kita pecahkan dan lewati, itu akan membentuk karakter baru dalam diri kita, yaitu karakter atau jiwa yang besar, serta tidak mudah goyah dalam menghadapi berbagai masalah dan rintangan. Orang yang selalu berhasil mengatasi masalahnya justru akan semakin percaya diri, bahwa Allah akan menjadikan dirinya sebagai pribadi yang lebih tangguh, kuat dan bijaksana dalam menghadapi hidup ini.

Bercerminlah kepada cerita orang-orang sukses atau orang-orang besar , sesungguhnya mereka pernah ditempa oleh badai masalah, namun mereka berhasil mengatasinya dengan penuh perjuangan dan kerja keras serta bersabar dalam menghadapinya.

Dan yang terakhir, selalu ber-istighfar dan minta ampunan kepada Allah. Sebab mungkin ada doa-doa kita yang tidak terkabul lantara banyaknya dosa yang telah kita kerjakan. Semoga dengan berbagai masalah yang mendera kita, lalu kita beristighfar meminta ampunan Allah, akan menjadikan kita makhluk yang suci dihadapan Allah, dan Allah segera mengabulkan doa-doa serta permintaan kita. Amin ya robba alamin.

Kesimpulannya, jadikan masalah itu sebagai teman hidup, karena dengan masalah-lah kita akan menjadi orang yang lebih sukses dan hebat. Jadikan pula masalah sebagai guru kita, guru yang mengajarkan betapa masalah yang sangat besar sekalipun itu adalah kecil buat kita, jika kita bersandar kepada Yang Maha Besar di jagad raya ini, Allah Swt. Maka janganlah merasa kecil, bila diterpa masalah besar, karena kita ada Allah, yang selalu membimbing kita ke jalan yang diridohi-Nya.

error: Content is protected !!