Share Yaa | Teknik Alami Mengobati Leher Kaku Kepala Pusing Ini Menghindari Anda Dari Praktek Chiropractic illegal

Bagi sebagian orang pernah bahkan sering mengalami leher kaku kepala pusing yang diakibatkan karena aktifitas yang terlalu memakan waktu yang lama, sehingga tidak ada waktu untuk bisa melenturkan otot serta tulang leher agak tidak cidera. Banyak cara yang dilakukan ketika seseorang mengalami cidera terutama di bagian leher atas dan bahu. Dengan banyaknya pengobatan yang tidak memakai bahan kimia atau obat-obatan, kini masyarakat banyak yang menggunakan jasa tenaga ahli Chiropractic yang kian menjamur.

Namun perlu diwaspadai jika Anda merasakan sakit di bagian leher maupun tulang belakang, jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan untuk segera berobat ke ahli pengobatan Chiropractic, karena kasus yang sedang terjadi saat ini ada seorang praktisi Chiropractic illegal telah memakan korban hingga meninggal dunia.

Mengobati leher kaku kepala pusing, pakai dulu cara ini

leher kaku sakit kepala
leher kaku bisa menyebabkan sakit kepala

Baru-baru ini ada seorang yang berobat di sebuah rumah sakit ternama di Jakarta, namun karena diduga praktisi chiropractic yang menangani si pasien ternyata seorang dokter berinisial dr RC, yang merupakan dokter yang pernah gagal dalam menangani pasien sebelumnya dan pernah tersangkut masalah kriminal lainnya di Amerika Serikat.

Oke, kembali ke permasalahan leher kaku yang menyebabkan sakit kepala. Pertama kita harus menentukan apa penyebab dari leher kaku yang bisa membuat sakit di kepala, antara lain penyebab leher kaku adalah :

  1. Posisi leher yang terus menerus diam dan lama. Biasanya leher yang kaku akibat dari poisis yang permanan dalam bekerja (misalnya memandangi layar monitor), sehingga leher menjadi kaku di posisi yang terus menerus, ini akan menyebabkan perasaan pegal dan otot yang keras di daerah leher dan sekitar bahu.
  2. Penyebab kedua dari leher kaku adalah adanya gerakan yang tiba-tiba seperti menoleh dengan cepat, sehingga menyebabkan otot di sekitar leher menjadi kaku dan menimbulkan rasa sakit di daerah sekitar leher. Oleh karenanya janganlah menoleh secara tiba-tiba dimana otot leher belum siap untuk melakukan gerakan memutar leher tersebut.
  3. Strecthing yang salah. Biasanya setelah lama berjam-jam kita berhadapan dengan layar monitor, kita sering lupa untuk melakukan peregangan otot disekitar leher. Pada waktu kita melakukan pelemasan otot, kita bisa saja salah dalam mengambil gerakan yang dianjurkan para ahli untuk melemaskan otot leher. Jika kesalahan terjadi, maka otot leher yang seharusnya menjadi lemas malah menjadi semakin kaku dan menyebabkan sakit di sekitar leher dan bahu.
  4. Pola hidup dan pola makan yang salah. Jika pola makan yang salah bisa menyebabkan kadar darah tidak seimbang dan bisa pula menyebabkan darah tinggi. Salah satu tanda darah tinggi adalah sakit kepala dan kaku di leher. Baca juga : Menurunkan tekanan darah tinggi
  5. Posisi tidur yang salah. Pernahkah Anda mendengar teman Anda mengeluhkan sakit di leher dengan menyebut posisi tidurnya dengan sebutan “salah bantal”?. Sebenarnya bukan bantalnya yang salah namun posisi tidurnya yang salah, karena mungkin dia tidak menggunakan alas bantal di posisi tidurnya, sehingga setelah terbangun dia merasakan sakit di lehernya.
  6. Karena kecelakaan. Untuk kasus yang satu ini, jika Anda mengalami leher kaku, sebaiknya jangan mengambil resiko dengan menanganinya sendiri. Anda harus segera mendapatkan perawatan yang intensif dari dokter atau ahli di bidang tulang untuk memastikan leher Anda dalam keadaan baik.
  7. Masih banyak lagi penyebab leher kaku yang bisa dibahasa disini, namun saya akan sebutkan saja misalnya : Stress berlebihan, kurang sarapan yang cukup, posisi tubuh dalam bekerja yang tidak sempurna, aroma yang tidak enak (alergi), dll.

Dari ke-6 penyebab leher kaku yang menyebabkan sakit kepala diatas tersebut, 5 teratas penyebabnya masih bisa kita tangani tanpa harus mendatangi pakar Chiropractic. Yaitu dengan melakukan stretching atau gerakan yang membuat leher kita lega dan tidak kaku lagi.

Baca juga : Cara Merawat gigi dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Untuk menghindari cedera leher yang fatal, ada baiknya Anda melakukan gerakan-gerakan pelemasan otot leher agar leher tidak kaku dan menjadi fleksibel dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Gerakan itu antara lain :

Jika Anda mengalami sakit yang ada di sekitar leher seperti leher kaku kepala pusing, ada banyak cara untuk mengobati rasa sakit yang Anda rasakan dengan teknik-teknik stretching untuk leher yang sederhana seperti di bawah ini :

  1. Melakukan pijatan ringan dengan tangan Anda sendiri, posisinya sebagai berikut : Aturlah duduk Anda senyaman mungkin sehingga Anda bisa merasakan sekitar bahu dan leher Anda menjadi sangat enak dan mulailah dengan cara memijit bahu Anda secara bergantian. Caranya dengan memijit bahu Anda sebelah kanan dengan tangan kiri Anda, lalu lanjut dengan bahu kiri dengan tangan kanan. Pijitlah masing-masing bahu sekitar 3-5 menit sekali, lalu pindah tangan. Bisa juga Anda minta bantuan teman Anda untuk saling memijit, jadi selain leher menjadi segar dan pertemanan juga semakin asyik.
  2. Memiringkan posisi kepala ke sebelah kanan dan sebelah kiri dengan sangat perlahan.  Cara ini sangat efektif dan sederhana untuk menghilangkan rasa sakit di leher dan bahu tanpa harus mendatangi ahli Chiropractic. Lakukan secara perlahan kalau perlu pejamkan mata Anda dan rasakan sensasinya.
  3. Ayunkan kepala ke depan dan kebelakang dengan pelan dan sempurna. Ini juga bis menjadi pelemasan otot leher untuk mencegah sakit kepala akibat leher kaku dan bahu yang pegal.
  4. Mengangkat bahu Anda setinggi telinga sambil mengambil nafas dengan perlahan-lahan. Lakukan sampai 3- 5 kali dengan perlahan. Gerakan ini otomatis akan membuat bahu dan leher bagian bawah menjadi lemas dan segar.
  5. Putar kepala 360 derajat dengan sangat perlahan sekali. setelah memutar, putar balik juga dengan sangat hati hati agar bisa melemaskan otot-otot sekitar leher. Lakukan dengan cara memejamkan mata dan nikmati putarannya .
  6. Taruh tangan kiri Anda di atas pundak sebelah kanan, sementara kepala Anda menoleh kesebelah kiri. Kemudian lakukan sebaliknya.

Dari langkah-langkah diatas, sudah banyak terbukti yang memberikan kesegaran di sekitar otot leher dan bahu. Cara yang paling baik setelah Anda melakukan strecthing atau pelemasan otot diatas, yaitu dengan cara mencari udara segar dengan keluar ruangan atau sekedar berbicara dengan teman kerja. Semoga tips-tips diatas bisa bermanfat.

Baca juga : Ciri-ciri diabetes dan cara mengatasinya

error: Content is protected !!