Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Timur

Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Timur. Baiklah kali ini saya coba untuk sharing atau berbagi cerita tentang bagaimana tata cara perpanjangan pajak plat motor 5 tahunan yang saya lakukan di kantor samsat Jakart Timur. Motor yang kita miliki memiliki waktu 5 tahun untuk mengganti pelat nomornya. Dan ini pun dilakukan bersamaan dengan kita membayar pajak kendaraan bermotor ketika motor berusia sudah 5 tahun. Jadi siapkan diri Anda dan data-data kendaraan yang Anda miliki untuk mengganti pelat motor di setiap 5 tahun sekali. Oke langsung saja saya coba ceritakan pengalaman saya bagaimana tata cara perpanjangan pajak plat motor 5 tahunan Samsat Jakarta Timur.

1. Datang lebih pagi dan langsung cek fisik motor

Saya putuskan untuk datang lebih awal agar bisa menyelesaikan urusan yang lainnya (mau ngurus perpanjangan SIM juga), dan memang sangat cepat sekali prosesnya untuk membayar pajak motor dan mengganti pelat motor 5 tahunan saat ini. Motor saya pacu (walau macet sekali). Dan akhirnya ngantri di urutan ke-3 dari depan, Alhamdulillah.

Sebelum berangkat ke kantor samsat, siapkan semua kelengkapan data motor dan diri Anda. Siapkan juga peralatan tulis serta steples, agar tidak kesulitan nanti disana.

Untuk cek fisik motor (menggesek nomor rangka dan nomor mesin) di samsat Jakarta Timur, dilakukan di bagian belakang dari kantor samsat. Anda bisa langsung menuju ke belakang dan memarkirkan motor Anda sesuai Antrian yang ada.

Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan1

Untuk cek fisik Anda akan diberikan formulir hasil gesek no rangka dan no mesin tadi. Setelah Anda mendapatkan hasil gesek no rangka dan nomor mesin, Anda langsung saja parkirkan motor Anda ke area parkir yang ada di halaman depan kantor samsat.

Baca juga : Cara E-claim BPJS Online

Untuk keperluan cek fisik sebenarnya tidak ada biaya, namun jika Anda ingin memberikan tips, silahkan saja seikhlasnya. Kebetulan di kantong saya ada 3 lembar 2 ribuan (totalnya Rp.6.000). Jadi saya berikan saja semuanya. hehe.

2. Menyerahkan berkas cek fisik dan kelengkapan surat motor

Setelah motor aman diparkir, kita kembali ke loket pendaftaran untuk menyerahkan berkas cek fisik dan kelengkapan surat motor kita. Lengkapi dengan fotokopi KTP, fotokop STNK, KTP asli dan STNK asli. Setelah di cek berkas yang asli akan dikembalikan. Disini kita akan dimintakan biaya sebesar Rp.20.000

3. Membayar pajak tahunan di gedung utama Samsat Jakarta Timur

Lanjut kita menuju gedung utama kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak perpanjangan 5 tahun sekaligus mengganti pelat motor. Disini kita harus menuju loket yang berbeda dengan perpanjangan STNK tahunan. Kalau biasanya perpanjangan STNK tahunan biasa di loket sebelah kiri jika kita masuk dari pintu lobi. Nah untuk perpanjangan 5 tahunan kita harus menuju ke loket yang berada di BELAKANG dari lobi melewati loket untuk kendaraan roda 4 terlebih dahulu.

Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan2

Disini kita langsung menuju loket dan menyerahkan semua berkas yang sudah kita siapkan. Yaitu

  • KTP asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Fotokopi BPKB

Semua itu digabung dengan formulir cek fisik yang kita lakukan di step pertama tadi.

Setelah kita serahkan lalu akan diperiksa oleh petugas yang ada di loket (tips : jangan memberikan dengan tangan kiri, nanti diomelin lho. Berikan dengan tangan kanan dan sedikit senyum..hehehe)

Setelah diperiksa, kita disuruh nunggu untuk dipanggil dan membayar pajak motor kita. Saat itu saya membayar sekitar Rp.287.000 untuk perpanjangan motor 5 tahunan dan mengganti pelat motor.

Setelah membayar kita akan diberikan resi/tanda bukti pembayaran berwarna putih dan biru. Setelah itu kita dipanggil dan diberikan STNK yang baru. Horee….sampai step ini, saya sudah berhasil untuk tahu bagaimana Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Timur.

4. Ambil pelat motor Baru di Workshop

Lanjut ke proses terakhir dari tata cara perpanjangan pajak pelat motor 5 tahunan di kantor Samsat Jakarta Timur. Sekarang kita langsung saja menuju workshop yang berada di paling belakang dari gedung samsat. Lokasinya berada tepat di belakang loket penyerahan formulir cek fisik motor di step pertama diatas.

Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan3

Berikan saja tanda bukti pembayaran warna putih ke loket pengambilan pelat yang ada di sebelah kiri dari workshop dan kita disuruh untuk mengunggu dipanggil.

Tidak lama pelat motor sayapun dipanggil, tapi cat pelat motor memang masih basah, setidaknya butuh 10 menit untuk menjemurnya terlebih dahulu agar benar-benar kering.

Baca Juga : Cara Merawat Honda Karisma

Total biaya yang saya keluarkan untuk mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan dan mengganti pelat motor di kantor Samsat Jakarta timur sebesar

  • Cek fisik Rp.6.000 (Seikhlasnya)
  • Loket penyerahan cek fisik Rp.20.000
  • Bayar Pajak 5 tahunan Rp.287.000
  • Parkir Rp.2.000 (sebenarnya gratis)
  • Total =6.000+20.000+287.000+2.000= Rp.315.000

Demikian tadi artikel saya tentang bagaimana Tata Cara Perpanjang Pajak Plat Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Timur. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sudah waktunya mengganti pelat motor dan membayar pajak tahunan. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share seluas-luasnya.

Paling Banyak Dicari:

  • cara ganti plat no motor di samsat jakarta timur
  • cara perpanjang stnk 5 tahunan samsat jakarta timur
  • samsat jakarta timur cara ganti nomor motor 5 tahunan
  • tata cara membayar pajak 5 tahun
  • tata cara perpanjang plat 5 tahunan
error: Content is protected !!