Tips Bisnis Keluarga Sudah Siap Pensiun Atau Malah Siap Bisnis ?

Bagi sebagian orang, masa pensiun mungkin menyenangkan. Kita bisa menikmati masa pensiun ketika kita masih muda atau pensiun ketika kita tua. Pensiun muda atau pensiun tua sama saja, jika mindset kita hanya untuk menikmati masa-masa dimana kita telah berhasil meng-investasikan uang dan waktu ketika kita bekerja dan menikmatinya ketika kita pensiun atau berhenti bekerja. Namun sadarkah kita sebenarnya orang yang benar-benar ingin pensiun mungkin adalah mereka yang tidak mau segera pensiun.

Nah, jika kita terbersit untuk pensiun muda, apakah tidak lebih baik jika kita mulai siap untuk berbisnis. Bisnis ketika kita ingin pensiun malah lebih berguna agar pensiun kita menjadi lebih baik dan menghasilkan.

bisnis-pensiun

Jika Anda sudah berfikir mantab untuk memilih bisnis ketimbang harus pensiun muda, maka ini adalah beberapa pertimbangan jika Anda ingin mulai berbisnis dari pada pensiun atau ingin bisnis lagi setelah pensiun, sebagai berikut :

1. Apakah pensiun akan menjamin segalanya

Pertimbangkan jika Anda pensiun saat ini apakah keuangan Anda akan menjamin semuanya, mulai dari hal keuangan yang paling kecil hingga pembiayaan yang paling besar dalam keluarga Anda.

Jika jawaban Anda masih merasa perlu untuk mencari lagi penghasilan sebelum atau pasca pensiun Anda, maka Anda harus segera mematangkan rencana untuk kembali mencari penghasilan yang lain agar semua kebutuhan terpenuhi atau penghasilan yang justru akan menambah pundi-pundi asset keuangan Anda, misalnya saham, investasi emas dan asset berharga Anda lainnya.

Baca juga : Cara Memilih Investasi Dollar Dan Investasi Emas Biar Sama Untungnya

Jika sudah berjalan, maka Anda tidak perlu lagi khawatir seputar masalah keuangan ketika Anda ingin pensiun atau setelah Anda pensiun, karena disini sistem keuangan akan bekerja dan menghasilkan untuk Anda.

2. Miliki investasi yang menguntungkan

Jika sebelum pensiun, Anda sudah memiliki beberapa asset investasi yang berjalan dari sejak lama dan itu sangat menguntungkan bagi Anda, sudah tidak salah lagi keputusan pensiun tersebut Anda jalankan, sebab dengan pengaturan keuangan yang telah Anda jalankan jauh sebelum pensiun akan menentukan apakah Anda siap pensiun atau justru Anda harus memutar otak lebih keras lagi untuk mempersiapkan pensiun Anda.

3. Berbisnis sebelum atau sesudah pensiun

Bagi sebagian orang, memilih pensiun muda untuk menikmati masa muda dengan penuh kegembiraan sepertinya sudah luntur oleh kebutuhan jaman. Banyak pula yang ingin menikmati hidup tapi tetap ingin menghasilkan sesuatu yang mereka upayakan dari sejak lama untuk kemandirian finansial mereka.

Mereka berani meng-investasikan waktu serta harta guna menghadapi masa depan yang cerah dan lebih baik, walaupun pada saatnya mereka memilih untuk pensiun, mereka justru memilih untuk ber-bisnis untuk memutarkan kembali uang atau asset yang mereka miliki untuk tetap menikmati pensiun muda dan menikmati hasil dari investasi mereka.

Baca juga : Bisnis Google Adsense Untuk Keluarga Yuk

Jika karakter Anda adalah orang yang selalu ingin menghadapi tantangan hidup, memilih berbisnis sebelum pensiun merupakan jalan yang paling Anda sukai, bukan?. Berbisnis sebelum dan sesudah pensiun menjadi pilihan beberapa gelintir orang yang memang menginginkan masa pensiun mereka menjadi menghasilkan dan bermanfaat, bukan sekedar menikmat waktu saja.

Jika memungkin untuk berbisnis setelah pensiun, mengapa tidak Anda jalankan. Misalnya Anda adalah tipe orang yang tidak bisa tinggal diam dan selalu ingin bertemu dengan orang, inilah saatnya Anda untuk berbisnis yang lebih menguntungkan lagi pasca Anda pensiun.

 

error: Content is protected !!