10 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat-obatan

Jerawat merupakan peradangan pada wajah maupun bagian tubuh lain berupa benjolan-benjolan berukuran kecil sampai besar yang membuat tidak nyaman di kulit. Umumnya, jerawat tumbuh bergerombol dan mengeluarkan nanah serta darah apabila dipencet.Jerawat dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri dan merasa risih. Jerawat juga dapat menimbulkan kanker apabila jerawat tersebut bersifat aktif, dimana benjolannya terus tumbuh dan membengkak.

cara-merawat-muka-berjerawat

Oleh karena itu, jangan menganggap remeh jerawat dan sebaiknya harus segera di hilangkan sebelum timbul penyakit yang berbahaya. Terdapat beberapa tips cara menghilangkan jerawat tanpa obat-obatan.

Jika kamu saat ini mempunyai jerawat, sudah pasti ingin membaca tips cara menghilangkan jerawat, bukan?. Sebenarnya cara menghilangkan jerawat tidaklah sulit, asal kamu mau melakukannya secara rutin setiap hari dan jangan pernah bosan untuk melakukan tips ini. Adapun tips cara menghilangkan jerawat sebagai berikut.

1. Cukup tidur

Regenerasi sel terjadi saat kita tidur, jadi apabila kita kurang tidur maka generasi sel tidak berjalan dengan optimal dan metabolisme tubuh juga tidak berjalan seimbang. Umumnya, jerawat timbul akibat terlalu banyak begadang.

2. Banyak minum air putih

Konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari perlu dilakukan karena air putih sangat penting untuk menggantikan ion tubuh yang hilang. Dengan banyak minum air putih, pengeluaran zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh akan terbuang dengan lancar dan juga memperlancar metabolisme dalam tubuh. Apabila kurang konsumsi air putih, maka zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh tidak terbuang dan akan terakumulasi di dalam tubuh yang dapat menimbulkan jerawat.

Baca juga : 10 Manfaat Air Putih Untuk Tubuh Kita Paling Vital

3. Membersihkan wajah dua kali sehari

Wajah harus dibersihkan setiap dua kali sehari, bahkan jika perlu dibersihkan setiap kulit wajah terasa kering. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajah dan hindari bergonta-ganti pembersih wajah karena dapat menimbulkan jerawat dan alergi kulit. Setelah bepergian dan setelah menggunakan make up hendaknya wajah dibersihkan terlebih dahulu karena banyak debu yang menempel di kulit wajah yang mengandung banyak kuman dan bakteri penyebab jerawat.

4. Konsumsi buah dan sayur yang banyak

Buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, D, E, B1, B6, B12 dan serat serta mineral sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit, terutama mencegah timbulnya jerawat. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari yang juga baik untuk pencernaan. Tips ini merupakan tips cara menghilangkan jerawat yang ampuh dan efektif.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Rajin berolah raga

tips cara menghilangkan jerawat tanpa obat-obatan adalah dengan rajin olah raga. Olah raga memang penting bagi kesehatan tubuh dalam menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membuang racun–racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat.

6. Gunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat dengan mengupas kulit luarnya lalu menempelkan pada bagian yang berjerawat. Lakukan setiap pagi dan sore hari secara teratur.

7. tips cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan pasta gigi yaitu dengan mengoleskan pasta gigi (bukan yang berbentuk gel) ke bagian wajah yang berjerawat sebelum tidur, kemudian bilas wajah pada pagi harinya.

8. Gunakan masker dari susu, madu dan telur

Cara menggunakan masker ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan madu, 2 sendok makan susu dan 1 butir telur (putihnya saja), kemudian oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Setelah kering, basuh muka dengan air hangat untuk pembasuhan pertama dan disusul dengan air dingin untuk pembasuhan terakhir.

9. Madu dan putih telur

Masker madu yang dicampur putih telur efektif menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok madu dengan putih telur, lalu aduk. Kemudian oleskan masker tersebut pada wajah sampai kering, setelah kering barulah basuh dengan air hangat disusul dengan air dingin. Gunakan masker tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal.

10. tips cara menghilangkan jerawat yang terakhir adalah menggunakan pepaya. Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan pepaya dan dioleskan pada wajah. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat. Jika pemakaian dilakukan secara teratur, dalam dua minggu jerawat sudah hilang.

Itulah beberapa tips cara menghilangkan jerawat yang efektif tanpa tersentuh obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia. Satu hal lagi, jangan memencet jerawat dengan tangan yang kotor karena hal ini malah menyebabkan jerawat meradang dan dapat bertambah besar. selain itu memencet jerawat dengan tangan yang kotor dapat menimbulkan bekas jerawat berupa flek hitam. Sebaiknya biarkan jerawat tersebut hilang dengan sendirinya.

error: Content is protected !!