Ini Tips Hemat THR Hindari Banjir Diskon Jelang Lebaran

Jelang lebaran seperti sekarang, dimana-mana akan anda temui diskon heboh atau sale yang merupakan strategi pemasaran dari setiap produsen untuk menggaet para konsumen menjelang lebaran. Siapa yang tidak tergoda dengan diskon gila-gilaan walau harus rela mengantri berjam-jam menunggu sale atau diskon dimulai, bahkan ditengah malam sekalipun. Sebaiknya Anda membaca lebih lanjut artikel Ini tips hemat thr hindari banjir diskon jelang lebaran.

Bagaimana melakukan tips hemat thr hindari banjir diskon jelang lebaran

Mengantisipasi banjir diskon jelang lebaran, banyak orang yang membeli kebutuhan lebaran (terutama untuk pakaian) dengan cara membeli di pasar-pasar grosir yang harganya lebih terjangkau dan lebih banyak variasi serta jenis barang.

mengatur-keuangan

Namun kebutuhan jelang lebaran juga harus disertai dengan bujet atau dana yang mencukupi (biasanya paling besar berasal dari dana THR). Banyak yang terjadi ketika THR sudah cair maka yang terjadi adalah pemborosan dan uang THR pun raib dalam sekejab.

Kenapa kita harus menghabiskan uang THR padahal banyak cara agar uang THR bisa bertahan bahkan bisa menguntungkan untuk keuangan keluarga kita. Budaya berbelanja yang merupakan tradisi ketika jelang lebaran memang sulit dihilangkan.

Namun disitulah seni menjelang lebaran. Apabila kita mampu mengendalikan hawa nafsu membeli barang yang berlebihan maka apakah benar kita telah berpuasa dengan baik selama satu bulan Ramadhan?. Padahal di bulan puasa yang suci ini kita dilatih untuk menahan hawa nafsu, bukan cuma menahan makan dan minum, tetapi juga menahan nafsu membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan berlebihan.

Jadi yang terpenting adalah pengendalian diri untuk tidak tergiur oleh rayuan banjir diskon yang ada dan yang penting tahu cara atau tips hemat thr. Jika memang perlu untuk dibeli, belilah sesuai dengan kebutuhan dan tidak boleh menjadi rakus. Banyak dari kita yang membeli barang yang sebetulnya tidak perlu, namun karena sedang diskon akhirnya dibeli dengan jumlah yang banyak.

Baca juga : Alasan investasi emas sekarang juga

Faktor penting dalam penggunaan dana THR adalah pengeluaran yang wajib Anda bayarkan ketika jelang hari raya, seperti zakat (zakat fitrah dan zakat mal), infaq dan sedekah. Setelah itu penuhi dulu kebutuhan pokok untuk hari raya seperti kebutuhan makanan di hari raya, baru setelah itu beranjak ke kebutuhan yang lainnya.

Tindakan cerdas menerapkan tips hemat thr hindari banjir diskon jelang lebaran

Jika ingin belajar tips hemat  thr untuk menghindari pengeluaran jelang lebaran, anda bisa melakukan beberapa tindakan cerdas agar hemat dan keuangan Anda menjadi lebih sehat, diantaranya:

1. Jangan pernah belanja membawa dan memakai kartu kredit.

2. Belanjalah seperti belanja di bulan-bulan lainnya.

3. Sisihkan dana THR untuk membayar hutang-hutang Anda.

4. Sisihkan uang THR yang telah cair untuk investasi jangka panjang, seperti menabung, membeli emas, rekadana dan sebagainya.

5. Jangan pernah selalu menghabiskan uang THR untuk mudik.

Sadar akan kebutuhan dan menghitung dengan cermat dana yang dibutuhkan serta meng-kalkulasikan penggunaan THR secara bijak juga bisa menjadi tips hemat thr hindari banjir diskon jelang lebaran. Silahkan untuk membaca artikel kami seputar keuangan keluarga.

error: Content is protected !!