Tips Menjaga Kesehatan Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Wanita mana yang tidak ingin sehat? Setiap wanita pasti ingin tampil sehat dan bugar dalam kehidupan sehari-harinya agar terlihat cantik dan percaya diri. Namun, banyak juga wanita yang kurang memperhatikan kesehatannya, mulai dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Terutama wanita kantoran yang memang sangat kurang sekali dalam menjaga kesehatan. Karena sibuknya bekerja, mereka hampir tak punya waktu untuk berolah raga bahkan gemar mengkonsumsi makanan cepat saji dengan alasan praktis dan tidak perlu memasak, padahal belum tentu makanan cepat saji itu menyehatkan.

tips-menjaga-kesehatan-wanita

Menjaga kesehatan wanita sebenarnya tidak sulit jika mau menjalankannya. Banyak sekali tips menjaga kesehatan wanita yang disarankan dan menjaga kesehatan wanita bukan hanya menjaga kesehatan wajah saja, akan tetapi kesehatan tubuh juga perlu di jaga.

Tips Menjaga Kesehatan Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan wanita yang mudah dilakukan oleh setiap wanita, yaitu hindari kebiasaan merokok karena rokok mengandung zat nikotin yang mengganggu organ tubuh serta reproduksi wanita, tidur yang cukup 6-8 jam perhari karena dengan tidur yang cukup dapat mengembalikan stamina yang terbuang saat melakukan aktivitas di siang hari dan menjaga metabolisme di dalam tubuh, hindari makanan yang mengandung kolesterol karena sangat berbahaya bagi jantung, konsumsi banyak air putih 8 gelas perhari untuk mengembalikan ion tubuh, memperhatikan berat badan karena orang dengan berat badan berlebih akan menyebabkan hipertensi dan obesitas.

Baca juga : 5 Cara Agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Dan Tidak Menjadi Gemuk

Selain itu, wanita dengan berat badan berlebih akan mengalami diabetes dan serangan jantung yang berujung pada stroke, perbanyak makan sayuran karena sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, terutama kulit.

Makan Buah-buahan Yang Kaya Serat

Sebaiknya konsumsi juga buah-buahan karena kaya akan vitamin A, C, E dan serat yang berfungsi untuk pencernaan serta kesehatan kulit. Makanan berprotein dan susu penting untuk dikonsumsi karena mengandung folat yang berguna bagi otak serta reproduksi wanita. Menghindari makanan berlemak merupakan salah satu tips menjaga kesehatan wanita karena dapat menimbulkan berat badan yang berlebih. Tips menjaga kesehatan wanita selanjutnya adalah menghindari konsumsi gula dan mulai konsumsi gula rendah kalori, konsumsi gandum dan kacang-kacangan yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca juga : Manfaat Konsumsi Buah Untuk Kesehatan

Konsumsi makanan sehat memang merupakan sebuah tips menjaga kesehatan wanita. Akan tetapi, hasilnya akan maksimal apabila diimbangi dengan istirahat yang cukup dan olah raga teratur setiap pagi hari karena dengan berolah raga, peredaran di dalam tubuh menjadi lancar, dapat menjadikan kulit kencang, cerah dan segar. Olah raga juga berfungsi menjaga metabolisme di dalam tubuh.

Olahraga Yang Rutin

Olah raga bukan hanya lari, berenang ataupun olah raga fisik yang berat, akan tetapi bekerja dengan berjalan kaki, naik tangga atau bersepeda juga disebut olah raga karena membiarkan tubuh terus bergerak. Selain menjaga kesehatan tubuh bagian luar, terdapat beberapa tips menjaga kesehatan wanita di bagian dalam, antara lain membersihkan organ kewanitaan dengan sabun yang memiliki PH seimbang, sering mengganti pembalut apabila sedang menstruasi karena pembalut merupakan sarang bakteri dan dapat menyebabkan iritasi.

Tips Menjaga Kesehatan Wanita lainnya

Kemudian gunakan celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat dan tidak menyebabkan lembab, hindari celana yang ketat karena hanya akan menyebabkan iritasi dan menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Selain itu, rajin mencukur bulu-bulu yang terdapat di daerah kewanitaan yang merupakan tempat bakteri dan kuman.

Yang terakhir adalah tidak melakukan hubungan seksual diluar nikah dan bergonta-ganti pasangan seksual karena kuman dan bakteri akan lebih mudah masuk dan hal tersebut memicu terjadinya kanker serviks pada wanita. Demikian tips menjaga kesehatan wanita agar tubuh selalu sehat.

error: Content is protected !!