3 Tips Melatih Puasa Pada Anak

Puasa merupakan kewajiban setiap muslim di bulan suci Ramadhan. Melatih puasa pada anak menjadi salah satu tanggung jawab orang tua yang memiliki anak dibawah umur. Ketika menahan lapar dan haus, biasanya anak menjadi tidak sabar untuk membatalkan puasa. Berikut tips melatih puasa pada anak.

Tips melatih puasa pada anak

Melatih puasa pada anak sering dikaitkan kepada bagaimana melatih lapar dan haus. Padahal esensi puasa yang sebenarnya adalah bagaimana kita menahan semua hawa nafsu.

Melatih puasa pada anak dengan cara menyuruh mereka berpuasa sepanjang bulan Ramadhan merupakan tugas para orang tua agar kelak dewasa nanti mereka bisa mengerjakan puasa bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

anak-sering-bertanya

1. Memberikan penjelasan tentang manfaat puasa kepada anak

Dunia anak tidak sama dengan dunia dewasa. Tentu saja penjelasan kita kepada anak tentang puasa harus seimbang dengan daya tangkap mereka. Jangan memberikan penjelasan yang diluar kemampuan pola fikir mereka.

Berikan penjelasan seperti dengan berpuasa kita bisa membersihkan usus dalam perut kita dari penyakit yang merugikan, sebab kuman atau bakteri akan mati karena kita berpuasa.

Memberlakukan kewajiban puasa pada anak, tidak serta merta anak harus ikut pola puasa dari pagi sampai sore hari, namun bisa saja pola berpuasa menyambung, artinya ketika anak sudah tidak tahan lagi lalu terpaksa berbuka, mereka bisa berpuasa kembali.

Atau ketika mereka tidak sadar membatalkan puasa, beritahu mereka kalau puasa bisa dilanjutkan kembali. Sehingga anak tidak akan merasa dipaksakan untuk berpuasa penuh. Dan akhirya mereka akan terbiasa dan penuh kesadaran akan berpuasa dengan hati yang ikhlas.

2. Memberikan aktifitas yang padat kepada anak

Anak biasanya sering lupa waktu ketika mereka bermain, inilah celah yang bisa dimanfaatkan orang tua ketika melatih puasa kepada anak. Dengan memberikan aktifitas yang padat kepada anak, maka anak akan melupakan bahwa sesungguhnya mereka sedang berpuasa. Namun yang perlu diperhatikan dalam memberikan aktifitas kepada anak yang berpuasa, adalah jangan memberikan sebuah aktifitas yang tidak menyehatkan seperti bermain game online sepanjang hari, atau menonton tivi yang terlalu lama.

Berikan aktifitas yang sehat seperti mengisi Teka Teki, bermain catur, bermain karambol, dll. Intinya aktifitas yang bisa menyegarkan tubuh dan fikiran serta tidak terlalu menguras tenaga, apalagi sampai merasa kehausan.

3. Melatih puasa pada anak dengan pesantren kilat

Ini adalah solusi cerdas dalam melatih puasa kepada anak. Dengan mengikut sertakan anak dalam pesantren kilat yang biasanya diselengarakan oleh remaja mesjid terdekat dengan lingkungan rumah, maka anak akan terlatih berpuasa tanpa harus merasa puasa.

Banyak aktifitas positif yang dilakukan di dalam pesantren kilat, seperti mengaji, tafsir Al qur’an, mendengarkan ceramah, diskusi agama, shalat berjama’ah dan sebagainya.

Jika di rumah Anda ada mesjid yang mengadakan pesantren kilat, jangan sia-siakan kesempatan ini sebagai ajang untuk melatih puasa pada anak.

Demikian artikel tips melatih puasa pada anak, semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabata, teman Anda. Terima kasih telah mengunjungi blog artikel keluarga dan membaca tips melatih puasa pada anak. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!