6 Tips Membeli Mobil Baru Paling Update

Mobil merupakan kendaraan yang bisa digolongkan kebutuhan sebagai kebutuhan sekunder. Namun kebutuhan kendaraan mobil saat ini semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya tingkat ekonomi keluarga di Indonesia. Sebelum Anda ingin membeli mobil baru, teliti sebelum membeli dan dalami kebutuhan akan mobil baru untuk keluarga Anda. Tak ada salahnya jika Anda membaca tips membeli mobil baru yang kami sajikan berikut ini.

Jika saat ini Anda berniat membeli mobil baru. Ada beberapa point penting dalam merencanakan segala sesuatunya untuk membaca tips membeli mobil baru. Bagi pasangan muda biasanya kebutuhan untuk membeli mobil itu baru datang ketika mereka sudah mampu membeli kebutuhan primer seperti rumah terlebih dahulu. Namun ada juga kebanyakan orang mempertimbangkan kebutuhan untuk membeli mobil setelah mereka melihat faktor-faktor seperti keamanan dan keselamatan berkendara jarak jauh dengan membawa penumpang lebih banyak.

Berkendara dengan mobil akan memberikan sensasi tersendiri jika kita kita sudah siap dan membaca tips membeli mobil baru dengan seksama. Bagi keluarga yang mungkin dulunya sering menggunakan jenis kendaraan roda 2, kini mereka lebih nyaman dengan roda 4 yang membawa keluarga lebih banyak, dan jarak tempuh pun bisa lebih jauh ketimbang saat mereka bepergian dengan motor.

Tips membeli mobil baru

Masih banyak lagi kenyamanan yang didapat ketika kita bisa membeli mobil baru. Namun kenyamanan diatas memang harus dibayar mahal ketika kita tidak merasa cocok dengan mobil yang telah kita beli. Oleh karena itu bacalah dahulu beberapa tips membeli mobil baru dibawah ini sebelum Anda membawa mobil idaman ke rumah Anda.

1. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Membeli mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga kita. Berapakah jumlah anggota keluarga, berapa sering kita bepergian dengan mobil, kemana saja kita akan sering pergi. Berapa besar garasi yang ada di rumah kita. Setelah semua di pertimbangkan, barulah kita bisa memutuskan jenis dan tipe apa mobil yang cocok untuk keluarga.

2. Sesuaikan bajet yang ada

Untuk membeli sebuah mobil baru, dana yang perlu Anda persiapkan adalah minimal 20% – 30% dari harga sebuah mobil baru untuk Down Payment (DP) untuk pembelian secara kredit . Belum lagi biaya- administrasi lainnya yang dibutuhkan. Semakin banyak persiapan dana Anda untuk membeli mobil baru, semakin ringan pula cicilannya.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setiap Bulan

3. Perhitungkan biaya perawatan mobil pertahun

Mobil termasuk barang dengan nilai ekonomis yang terus menyusut tiap tahunnya. Dana perawatan mobil harus pula Anda siapkan untuk merawat mobil agar tidak cepat rusak. Perhatikan juga biaya-biaya seperti untuk ganti olie, kanvas kopling, olie rem, gardan, dan masih banyak lainnya yang akan merongrong kocek Anda jika Anda tidak peduli dengan mobil baru Anda. Termasuk disini juga adalah pajak tahunan yang harus Anda siapkan setiap tahunnya.

4. Perhitungkan bunga jika membeli kredit

Membeli mobil dengan kredit tentu saja akan dikenakan bunga. Perhitungkan mobil mana saja yang memberikan bunga ringan dan tempo yang singkat jika kita ingin membeli mobil baru dengan sistem kredit. Jangan ragu untuk menanyakan semua kalkulasi pembiayaan mobil baru kepada staf marketing sebuah dealer.

5. Manfaatkan test drive

Jika tersedia test drive oleh dealer mobil yang Anda minati, manfaatkanlah untuk lebih mendalami “karakter” mobil idaman Anda, baik itu bermanuver, handling, breaking, maupun akselerasi yang Anda inginkan.

6. Pilih dealer dengan purna jual yang baik dan tempat servis yang terjangkau.

Pilihlah dealer yang sudah terkenal memberikan servis purna jual yang baik. Gunakan referensi dari teman, saudara Anda yang sudah membeli mobil se-tipe dengan mobil Anda. Dan pilihlah dealer dengan fasilitas servis yang dekat dengan rumah Anda.

Baca juga : Alasan Investasi Emas dan Properti Saat Ini Juga

Demikian tips membeli mobil baru yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman, rekan, saudara Anda.

error: Content is protected !!