Tips Membuat dan Merawat Kolam Renang Di Rumah

Tips Membuat dan Merawat Kolam Renang Di Rumah. Kolam renang adalah sarana untuk keluarga yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bercengkrama bagi keluarga sambil berolahraga. Kolam renang yang baik harus memenuhi standard kesehatan agar tidak mencemari kesehatan keluarga. Memiliki kolam renang rumah di rumah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi kolam renang tersebut berada di rumah kita yang menjadi tempat untuk bersantai dan berolah raga.

Tips Membuat dan Merawat Kolam Renang Di Rumah

tips-merawat-kolam-renang

Agar bisa membuat kolam renang di rumah, yang pertama kita sediakan tentunya adalah lahan kolam renang itu sendiri. Sebelum merencanakan keberadaan kolam renang, dalam design awal rancangan bangunan seharusnya sudah ada rencana untuk membuat kolam renang di dalam rumah. Namun jika rumah yang sudah jadi-pun sebenarnya bisa dibuatkan kolam renang, asalkan space atau lahan yang tersedia bisa dijadikan kolam renang keluarga di dalam rumah.

Baca juga : Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

Jika rumah Anda sudah jadi tapi Anda menginginkan adanya kolam renang keluarga, Anda bisa berkonsultasi dengan designer arsitektur untuk menentukan besar kecilnya kolam renang yang ingin dibuat dan bagaimana modelnya.

Akan lebih baik jika Anda ingin membuat kolam renang di rumah yang sudah jadi, Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada di belakang rumah agar tidak merombak atau merenovasi bangunan yang sudah jadi, Tinggal dibuatkan saja tipe kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda.

Merawat Kolam Renang Di Rumah

Kalau saat ini Anda sudah memiliki kolam renang di rumah, apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat kolam renang di rumah. Berikut ini tips untuk merawat kolam renang di rumah:

  • Biasakan untuk secara teratur mengganti air kolam renang. Air kolam renang yang tidak diganti secara berkala menyebabkan air akan menjadi keruh dan mengandung penyakit, tentu ini tidak baik bagi kesehatan.
  • Cek dan ganti filter air kolam renang jika terlihat sudah kotor. Filter air kolam dan keranjang skimmer berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di kolam renang, terutama yang bercampur dengan air kolam
  • Penggantian air kolam renang sangat erat kaitannya dengan pompa air kolam. Cek juga kondisi pompa kolam renang agar sirkulasi air di kolam renang menjadi selalu bersih.
  • Cek pH air kolam. PH air sangat penting agar air kolam dalam kondisi netral baik dari sisi asam maupun basa. Air kolam dengan pH netral bisa di cek dengan menggunakan pH tester yang banyak di toko-toko kimia. Jika kolam dalam kondisi tertentu kita bisa membuatnya menjadi netral dengan menambahkan kadar asam atau basa. Jika pH netral akan menjaga dan membuat klorin bekerja dengan baik.
  • Cek dengan berkala semua peralatan alat dan peralatan kolam renang. Gantilah alat-alat kolam renang yang sudah harus diganti karena waktunya yang sudah expired atau terlihat kotor seperti filter air dan sebagainya.
  • Bersihkan kolam renang dari daun-daun yang jatuh ke atas permukaan kolam. Membersihkan kolam dari dedaunan bisa kita pakai alat yang bernama leaf skimmer atau pembersih daun.
  • Perhatikan juga kadar chlorine yang dipakai di kolam renang, jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit agar bisa menjaga kebersihan kolam renang terbebas dari kuman dan bakteri yang sangat mudah berkembang di air kolam renang yang tidak terawat.

Demikian tadi beberapa tips membuat dan merawat kolam renang di rumah. Jika Anda kesulitan dalam memperbaiki alat kolam renang yang ada di rumah Anda, carilah toko yang bisa mensuplai kebutuhan alat kolam renang Anda dan pastikan terlebih dahulu melalui CS toko tersebut, apakah alat kolam renang yang Anda butuhkan tersedit.

Paling Banyak Dicari:

  • berapa kali ganti air kola renang rumah
  • lamanya pergantian air kolam renang
error: Content is protected !!