Tips Mengatur Keuangan Keluarga Menjelang Hari Raya

Tak terasa hari raya sudah dekat, sebentar lagi umat muslim sedunia merayakan hari kemenangan. Segala persiapan untuk menjelang hari lebaran sudah dipersiapkan jauh sebelum datangnya Idul Fitri. Bagi kebanyakan keluarga, datangnya lebaran juga membawa problem dalam hal keuangan. Tak sedikit dari kita yang mengeluh seputar masalah keuangan jelang lebaran. Sedikit ulasan tips mengatur keuangan keluarga menjelang hari raya.

Bagaimana Tips Mengatur Keuangan Keluarga Menjelang Hari Raya

Mengatur keuangan seharusnya sudah menjadi kesepatakan antara pasangan suami istri, jadi walaupun dalam situasi dan kondisi apapun maka kondisi keuangan haruslah dihadapi secara arif, adil dan bijaksana.

mengatur-keuangan

Tidak sedikit keluarga Indonesia yang terperangkap dalam problematika keuangan menjelang lebaran, misalnya uang THR yang cepat habis, tagihan menumpuk, pulang kampung yang membawa sengsara dan masih banyak lagi keluhan yang didapat dari para pasangan suami istri lainnya.

Sebenarnya jika kita telaah lebih dalam lagi, pengelolaan keuangan keluarga akan lebih terarah dan terukur jika kita mau saling terbuka terhadap pasangan kita, tentang apa saja kebutuhan yang kita perlukan dalam berumah-tangga.

Oleh karena itu jika kita mau berterus terang dan mau saling terbuka, maka kerja-sama dalam menuntaskan masalah keuangan keluarga akan bisa segera dituntaskan.

Baiklah, untuk menjelang lebaran seperti saat ini, banyak orang yang menggantungkan harapan pada cairnya Tunjangan Hari Raya (THR). Bisa dikatakan THR inilah yang bisa membuat kita bernafas, karena bagaimana tidak jika THR bisa membantu keuangan keluarga untuk bisa membayarkan pos-pos pengeluaran yang tidak bisa dibiayai oleh pendapatan bulanan.

Penggunaan dana uang THR ini juga harus dilakukan dengan lebih bijaksana, sebab kita selalu meremehkan pendapatan THR yang kita peroleh dengan menghambur-hamburkannya untuk keperluan sesaat, seperti membeli handphone baru, membeli baju baru, membeli sepatu baru, dan semua aksesoris yang serba baru.

Padahal jika dana THR ini kita manfaatkan sebaik mungkin (tentunya Anda juga wajib membayarkan kewajiban Anda yang lain jelang idul fitri seperti Zakat, Infaq dan sedeqah), Anda juga bisa membuat dana THR ini menjadi berkembang jika Anda tahu penggunaan-nya secara wajar.

Mengatur Keuangan Keluarga Menjelang Hari Raya dengan menabung

Menggunakan THR untuk menabung adalah pilihan yang paling bijak, sebab tidak semua orang bisa melakukannya, sebab kebutuhan jelang lebaran pasti akan banyak memakan biaya jika kita tidak mau memaksakan untuk menabung.

Lain halnya jika Anda bisa menggunakan ide-ide untuk menjalankan bisnis di rumah untuk mendapatkan penghasilan sampingan menjelang lebaran, maka dengan demikian Anda akan bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah.

Pos-pos pengeluaran penting menjelang Hari Raya

Tentunya, sebelum kita memperhitungkan keuangan jelang lebaran, pastikan dulu pos-pos pengeluran untuk keperluan lebaran seperti baju baru anak, membeli persiapan hidangan hari raya. Terlebih jika Anda adalah keluarga yang sering mengadakan tradisi mudik lebaran, pastinya Anda harus bisa menuliskan pos-pos pengeluaran untuk kegiatan lebaran nanti di kampung Anda.

Setelah Anda menulis beberapa pos pengeluaran yang tentunya akan menggunakan dana THR yang akan anda dapatkan, baru kini Anda bisa mem-prediksi berapakah yang harus dikeluarkan dan berapakah sisa yang bisa Anda tabung.

Jika dalam hal ini Anda bisa menyisakan uang THR setelah dipotong biaya untuk persiapan lebaran, barulah And bisa menabung dengan aman, namun jika tidak, Anda perlu berhati-hati sebab lebaran kali ini Anda akan mengeluarkan dana yang jauh lebih besar daripada uang THR yang akan Anda dapatkan.

Pertimbangkanlah terlebih dahulu mana keperluan yang mendesak untuk hari raya, baru setelah itu Anda tentukn pula mana yang bisa Anda tunda untuk lebaran kali ini, apakah baju baru Anda atau handphone keluaran terbaru yang sudah lama Anda incar?.

Dengan pertimbangan yang bijaksana dengan uang THR yang akan kita dapatkan, maka semua berpulang kepada kita, apakah kita tetap menuruti hawa nafsu setelah berpuasa, atau kita tetap sebagai hamba Allah yang selalu bersyukur dengan apa yang telah kita dapatkan.

Baca juga : investasi emas dan dollar

Semoga artikel tips mengatur keuangan keluarga menjelang hari raya kali ini bisa menambah wawasan kita tentang keuangan keluarga dan membuat kita lebih berhemat untuk kepentingan keluarga. Terima kasih telah datang mengunjungi blog artikelkeluarga.com dan membaca artikel tips mengatur keuangan keluarga menjelang hari raya.

error: Content is protected !!