Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setiap Bulan

Bagaimana mengatur keuangan keluarga setiap bulan?. Pertanyaan ini sering sekali muncul di benak pasangan berkeluarga yang ingin menghemat atau sebisa mungkin mereka bisa menabung dari penghasil perbulan setelah dikurangi biaya bulanan mereka. Bagi Anda yang merasa tiap bulan tidak kuasa mengatur biaya bulana, ada baiknya menyimak posting berikut ini tentang tips mengatur keuangan keluarga setiap bulan.

Agar bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik, maka yang perlu kita perhatikan dalam perencanaan keuangan adalah :

1. Buat data semua pengeluaran rutin

pengeluaran rutin adalah pengeluaran yang setiap bulannya kita keluarkan dari anggaran atau dana yang tersedia perbulannya (gaji;red), misalnya biaya token listrik perbulan, biaya sekolah/kuliah anak, biaya

2. Buat perkiraan pengeluaran tak terduga

Pengeluaran tak terduga bisa kita masukkan kedalam pos keuangan yang tidak bisa diabaikan dalam pengeluaran rutin setiap bulan. Agar kita tidak merasa panik ketika harus mengeluarkan uang untuk pengeluaran di luar pengeluaran/belanja rutin, maka kita harus membuat pos untuk pengeluaran tak terduga yang ada dalam list pengeluaran kita.

mengatur-keuangan

3. Buat daftar semua hutang yang sedang berjalan

Dalam mengatur perencanaan keuangan perbulan dalam suatu keluarga, sangat penting untuk membuat daftar semua hutang yang sedang berjalan saat itu. Hal ini diperlukan agar kita bisa memonitor sampai sejauh mana hutang yang kita miliki agar bisa dibayarkan setiap bulannya.

baca juga : Bagaimana Memaksimalkan Pendapatan dan Penghasilan Untuk Keluarga

Untuk menutupi hutang yang sedang berjalan, pastikan Anda membayarnya minimal 30% dari total pendapatan keluarga setiap bulannya. Ini dimaksudkan agar Anda tidak membayar di bawah minimal tagihan hutang supaya hutan Anda cepat lunas dan Anda tidak terbebankan oleh bunga hutang yang bisa melilit keuangan keluarga.

4. Sisihkan dana untuk menabung dan Investasi

Menabung bukan berarti menyisihkan uang jika ada kelebihan dalam uang belanja bulanan, tapi menabung yang paling baik adalah menyisihkan di awal ketika kita mendapatkan penghasilan agar bisa bermanfaat di bulan berikutnya.

Kebanyakan dari kita menabung itu jika terdapat sisa uang yang “belum” dibelanjakan, padahal hakikat menabung yang baik adalah apabila kita harus “memaksakan” diri untuk segera menyisihkan uang yang telah kita dapatkan di awal bulan, agar tabungan tersebut bisa maksimal dalam menjalankan fungsinya.

Begitu juga dengan investasi, walau bentuknya sama namun investasi lebih kearah dalam hal menjamin keamanan keuangan keluarga, misalnya saja investasi emas dan dollar. Investasi tersebut bisa juga disebut tabungan namun bisa kita gunakan sebagai “pengaman” cadangan devisa keluarga untuk keperluan jangka panjang, seperti pendidikan anak dan sebagainya.

5. Komitmen dari pasangan Anda dalam menjaga keuangan

Hal yang paling penting dalam mengatur keuangan keluarga perbulannya adalah komitmen dari pasangan Anda untuk saling bekerja sama dalam perencanaan keluarga yang bisa memberikan keuntungan serta membawa kestabilan ekonomi dan keuangan keluarga.

Bisa jadi semua planning di atas menjadi buyar ketika salah satu pasangan tidak bisa ber-komitmen dalam menjaga neraca keuangan keluarga, misalnya saja salah satu dari pasangan memegang kartu kredit dan tidak bisa menjaga kebiasaan menggesek kartu kredit untuk berbelanja yang tidak diperlukan sebagai kebutuhan.

Jadi sebelum merencanakan semua hal yang berkaitan dengan keuangan keluarga, ada baiknya jika Anda berdiskusi dengan pasangan Anda agar mensukseskan program keuangan keluarga ini dapat memberikan manfaat dan membawa kebahagiaan keluarga.

Demikian tips mengatur keuangan keluarga setiap bulan. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan kepada Anda untuk dapat mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik. Terima kasih telah membaca artikel seputar tips mengatur keuangan keluarga setiap bulan.

error: Content is protected !!