HOME
Home » Keluarga Sakinah » Tips Menghindari Retaknya Rumah Tangga

Tips Menghindari Retaknya Rumah Tangga

Posted at July 24th, 2018 | Categorised in Keluarga Sakinah

Rumah tangga adalah awal kehidupan bagi seorang manusia yang ingin hidup secara normal membesarkan anak serta mencintai seseorang untuk bisa menjadikan anak-anaknya tumbuh kembang dan hidup mencontohkan hal-hal yang baik dari orang tuanya. Rumah tangga ibarat kapal yang sedang menyebrangi lautan luas dan kadang ombaknya tenang dan kadang ombaknya tinggi. Tidak jarang pula seorang nahkoda kapal ikut jatuh bangun dalam membimbing kapal hingga akhirnya sampai ke tujuan yang dituju.

Begitu juga dalam keluarga, seorang kepala rumah tangga yang bekerja menafkahi keluarganya harus bisa menahan segala cobaan yang menerpa keluarga maupun dirinya sendiri sebagai kepala rumah tangga.

Tak jarang jika terjadi keretakan rumah tangga diakibatkan oleh pihak ketiga atau sering dikenal dengan pelakor. Pelakor sendiri adalah bentuk ketidak-sabaran seorang kepala keluarga yang harus menghadapi cobaan dan tempaan masalah keluarganya.

Baca juga : Tips agar bisa membagi waktu dengan keluarga

Akibatnya seorang rumah tangga yang sudah tidak bisa lagi membina hubungan baik dengan istri dan keluarganya, tak jarang melakukan pelarian ke orang ketiga alias Pelakor.

Pelakor sendiri pun sebenarnya seperti gayung bersambut, kemungkinan besar si pelakor ini sedang dalam posisi yang tidak nyaman juga dalam rumah tangga nya atau mereka sama-sama saling mengisi karena memang ada celah disana.

Keretakan rumah tangga akibat ulah pelakor sebenarnya juga didahului oleh pasangan rumah tangga yang tidak mau terbuka atas masalah keluarga yang ada. Justru akibat kehidupan rumah tangga yang kurang harmonis maka si pelakor datang dengan lenggang kangkung merusak hubungan rumah tangga yang sudah diperparah sebelumnya.

Baca juga : 7 Tips menjaga kesehatan keluarga

Berikut ini tips agar rumah tangga Anda jauh dari pelakor perusak rumah tangga :

  1. Saling terbuka dengan pasangan Anda, hal ini diyakini sebagai senjata paling ampuh sebagai cara mengatasi rumah tangga yang kurang harmonis.
  2. Komunikasi yang baik dengan pasangan atau dengan keluarga agar penyebab retaknya rumah tangga bisa diminimalisir.
  3. Kurangnya latar belakang iman diantara pasangan rumah tangga yang sering berujung kepada tidak harmonisnya keluarga. Kini saatnya Anda untuk kembali mempelajari bagaimana dahsyatnya pahala yang didapat oleh sebuah pernikahan.
  4. Carilah waktu yang tepat untuk Anda kembali mengenang masa-masa lalu Anda berdua yang paling bahagia, pesanlah tiket untuk berdua dan berbulan madulah untuk kedua kalinya dan sesering mungkin untuk Anda berdua menikmati waktu berdua bersama pasangan.
  5. Rendahkan ego masing-masing, terimalah kekurangan pasangan Anda, karena Anda dijodohkan untuk saling mengisi kekurangan yang ada, dan janganlah saling meninggikan posisi masing-masing didalam keluarga yang justru akan menjadi retaknya rumah tangga.

Demikian tadi secuil saran dari penulis tentang Tips Menghindari Retaknya Rumah Tangga. Yang perlu Anda sadari bahwa keluarga adalah paling utama, dan dari keluarga lah sebenarnya kita akan mencari keberkahan untuk hidup di dunia dan membawa bekal ke akhirat, dan dari keluarga lah akan muncul generasi penerus kita yang sesuai dengan harapan kita.

Comment Closed: Tips Menghindari Retaknya Rumah Tangga

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Tips Menghindari Retaknya Rumah Tangga

Tips Agar Bisa Membagi Waktu Dengan Keluarga

Posted at January 29, 2017

Tips Agar Bisa Membagi Waktu Dengan Keluarga. Keluarga adalah segalanya bagi kita, tanpa keluarga yang harmonis rasanya hidup ini akan terasa hambar. Untuk para... Read More

Pilar-pilar Utama Membangun Keluarga Sakinah Sepanjang Masa

Posted at October 31, 2015

Membangun keluarga yang sakinah memang tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dilewati oleh sebuah pasangan suami istri ketika mereka membawa bahtera rumah tangga... Read More


error: Content is protected !!