7 Tips Menjaga Kesehatan Keluarga

Kesehatan sangat berarti bagi semua orang, tidak terkecuali bagi anak kecil, dewasa, orang tua dan semua orang yang sangat merasakan betap pentingnya sehat. Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan keluarga, asalkan kita mau mulai dari hal-hal yang terkecil dalam menjaga kesehatan keluarga. Dengan sehat kita bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik dan mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita dengan sebaik-baiknya bersyukur.

Bagaimana menjaga kesehatan Keluarga dari hal yang paling kecil

Oleh karena itulah kesehatan keluarga sangat penting artinya agar seluruh anggota keluarga tidak gampang jatuh sakit dan sehat dalam melakukan segala aktifitasnya. Ada beberapa tisp menjaga kesehatan keluarga yang bisa Anda lakukan dari hal yang paling terkecil, antara lain :

1. Makan makanan yang bergizi

Dalam menjaga kesehatan keluarga, selalu perhatikan asupan makanan yang disajikan di dalam keluarga kita. Pastikan bahwa makanan tersebut memenuhi gizi yang seimbang yang dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga.

Misalnya nutrisi untuk si kecil tentu saja berbeda nutrisi sang ayah, namun keduanya harus bisa memenuhi kebutuhan masing-masing.
tips-menjaga-kesehatan-keluarga

Jangan sering mengkonsumsi makanan-makanan fast-food atau junk-food. Sesekali mungkin boleh namun tidak boleh sesering mungkin. Fast-food sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan keluarga, terutama kesehatan jantung. Selain berlemak, makan siap saji umumnya mengandung kandungan gizi yang sangat rendah bagi tubuh.

Baca juga : 7 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Pastikan keluarga kita mendapatkan olahan makan yang bergizi bagi mereka, sediakan pula buah-buahan agar asupan vitamin tercukupi.

2. Menjaga kebersihan badan setiap hari

Pastikan semua anggota keluarga membersihkan diri setiap hari dengan sabun kesehatan agar terhindar dari segala macam sumber penyakit yang bisa hinggap di tubuh. Dengan rutin mandi 2 kali setiap hari pagi dan sore, maka badan kita akan selalu bersih dan bisa mencegah dari penyakit kulit yang biasanya disebakan karena tidak mandi setiap hari.

Gunakan juga sabun kesehatan atau sabun anti-septik untuk mandi setiap hari. Sabun mandi anti-septik mampu membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri serta kuman bibit penyakit.

3. Sediakan kotak obat di dalam rumah

Kotak obat sangat penting, bukan berarti anda harus membeli kotak obat yang mahal, tapi persiapkan obat-obatan yang diperlukan secukupnya untuk keperluan di rumah. Misalnya saja obat merah, perban, alkohol yang sangat diperlukan untuk pengobatan akibat luka-luka kecil. Obat-obatan seperti obat batuk dan pilek serta obat-obat herbal untuk menjaga stamina badan seperti madu, obat gosok dan sebagainya.

Keberadaan kotak obat di rumah sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Pastikan di rumah anda memiliki kotak obat yang posisinya mudah dijangkau oleh orang dewasa.

4. Bersihkan rumah dari kotoran dan debu

Pastikan pula agar rumah kita juga bersih dari debu dan kotoran agar terlindung dari bibit penyakit yang mudah bersarang. Debu sangat mudah sekali menjadi penyebab penyakir pernafasan bagi seluruh anggota keluarga.

Bersihkan rumah minimal sehari sekali atau 3 kali dalam seminggu dari debu dan kotoran. Membersihkan debu bisa dilakukan dengan menggunakan alat seperti “vaccum cleaner” atau dengan menggunakan alat pembersih manual lainnya.

Jika Anda memiliki waktu yang cukup di hari libur atau weekend, bersihkan rumah dari debu dan kotoran bisa dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya sebagai alternatif mengisi liburan di rumah.

Baca juga : Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

5. Sediakan ventilasi untuk sirkulasi udara yang cukup di dalam rumah

Ventilasi atau sirkulasi udara di dalam rumah sangat penting. Agar udara di dalam rumah bisa berganti. Biasanya pada rumah-rumah yang di disain dengan baik, akan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa dengan membuka seluruh jendela rumah beberapa saat di pagi hari, agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dan udara yang ada di dalam rumah pun ikut berganti dengan udara dari luar yang lebih segar tentunya.

6. Biasakan olahraga setiap hari

Olahraga bersama keluarga di waktu senggang atau libur sangat penting. Selain menjaga kesehatan keluarga, olahraga bersama keluarga juga memiliki peranan penting dalam menjalin keharmonisan dalam rumah tangga.

Misalnya saja jogging atau ber-sepeda bersama di minggu pagi. Atau pergi berenang bersama-sama sambil menikmati liburan keluarga.

Baca juga : manfaat bersepeda

Ber-olahraga bersama keluarga dilakukan dengan penuh suka cita dan perasaan senang, sebab dengan demikian sang anak tidak merasa terbebani jika harus ber-olahraga.

Dan sebagai orang tua, kita juga harus memiliki kesadaran untuk memantau keluarga untuk mau ber-olahraga agar selalu sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

7. Biasakan budaya berdiskusi dalam keluarga.

Kesehatan tidak melulu tentang kesehatan fisik, namun kesehatan juga terdapat dalam pola fikir seseorang dalam mengemukakan pendapat serta berkomunikasi dengan orang lain.

Di dalam keluarga kita sering mengabaikan satu hal yang penting yaitu berdiskusi. Diskusi artinya kita melibatkan seluruh anggota keluarga untuk saling berbagi cerita, pengalaman serta mengemukakan pendapat kepada yang lain.

Dalam raga yang kuat terdapat pula jiwa yang sehat, begitu pepatah mengatakan. Jadikan diskusi keluarga sarana yang tepat untuk saling berbagi sesama anggota keluarga untuk menuangkan uneg-uneg, curhat, pengalaman dan hal lain yang mengganjal di hati untuk berbagi.

Demikian artikel tips menjaga kesehatan keluarga yang paling sederhana. Semoga bermanfaat dan kami sangat menghargai jika anda mau berbagi artikel ini kepada yang lain. Salam

Paling Banyak Dicari:

  • mEnjaga kesehatan keluarga
error: Content is protected !!