8 Tips Sehat Bekerja Di Kantor

Bekerja selama 8 jam di kantor terkadang membuat seseorang menjadi lupa untuk menggerakkan tubuhnya. Aktifitas yang monoton seperti duduk berjam-jam sambil menatap monitor dinilai oleh para ahli kesehatan bisa membahayakan tubuh. Bekerja di kantor semestinya tidak melupakan olahraga ringan yang justru membuat semangat kerja menjadi membaik. Berikut tips sehat bekerja di kantor.

Tips Sehat Bekerja Di Kantor

tips-sukses-bekerja

Berikut beberapa tips sehat bekerja di kantor yang bisa pakai selama Anda bekerja di ruangan kantor Anda :

1. Minum cukup air

Bekerja selama 8 hari akan memerlukan energi yang banyak. Dan ketika kita duduk dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Terlebih jika kondisi kantor menggunakan pendingin ruangan yang bersuhu rendah.

manfaat-air-putih

Minumlah banyak air ketika Anda bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama. Siasati untuk mengingat minum seperti memasang alarm pada jam atau di handphone Anda.

 

Para ahli mengatakan orang yang bekerja dengan posisi duduk dalam jangka waktu yang lama dan tidak sering mengkonsumsi air putih yang cukup, maka akan lebih mudah terserang sakit pinggang dan gangguan pada ginjal.

2. Pakailah tangga

Bekerja di gedung tinggi akan memaksa seseorang untuk terus memakai lift untuk menuju lantai kantornya. Jika Anda mau sehat gunakan tangga sebagai alat olahraga harian yang paling efektif dan murah.

Namun jika kantor Anda berada di lantai paling atas, setidaknya ada beberapa anak tangga yang Anda pakai sebelum sampai ke lantai kantor Anda. Misalnya Anda harus ke lantai 20, gunakan tangga dari ground floor ke lantai 3, kemudian baru naik dengan lift dari lantai 3 tersebut.

3. Olahraga ringan

Biasakan untuk berhenti bekerja sejenak, dan lakukan gerakan-gerakan ringan selama 5 – 15 menit untuk melemaskan otot-otot seperti leher, tangan kaki.

Gerakan bisa bervariasi sesuka Anda dan semampu Anda. Jangan sampai Anda kaku selama bekerja dan tidak ada gerakan sama sekali dan ini bisa menyebabkan cedera-cedera ringan yang membahayakan.

4. Gunakan waktu coffee-break semaksimal mungkin

Jika tiba waktu untuk coffee-break telah tiba (biasanya sekitar jam 10 pagi), segera hentikan pekerjaan Anda dan hiruplah aroma kopi yang nikmat dan menyegarkan fikiran Anda. Berbaurlah dengan teman kerja dan nikmati waktu Anda.

5. Tidur sesaat di jam istirahat

Tidur ketika jam istirahat banyak diterapkan para pekerja untuk memulihkan stamina setelah bekerja pada 1/2 periode pertama di hari kerja. Jika Anda tidak bisa tidur sesaat, cukup dengan pejamkan mata Anda dan buatlah suasana senyaman mungkin untuk Anda bisa tertidur sesaat.

6. Dengarkan musik yang semangat

Banyak orang yang bekerja sambil mendengarkan musik favoritnya. Ternyata menurut penelitian para ahli, bekerja sambil mendengarkan musik mampu menambah konsentrasi dan kesegaran fikiran di pagi hari. Jadi jika Anda ingin sehat dan segar selama bekerja di kantor, Anda bisa sesekali mendengarkan musik kesayangan Anda menggunakan earphone.

7. Atur jarak monitor dan meja kerja

Sebisa mungkin jarak antara mata dan monitor diatur sesuai kebutuhan, juga jarak mouse dan keyboard. Jarak yang tidak sesuai atau tidak ergonomis akan menyebabkan cedera ringan pada anggota tubuh seperti tangan, mata dan lain-lain.

Juga suasana meja kantor yang butuh perhatian Anda agar enak dipandang dan membuat suasana kerja yang nyaman.

8. Pesan makan bergizi waktu makan siang

Jika sempat Anda bisa membawa menu sehat dari rumah untuk konsumsi di waktu jam makan siang kantor Anda. Namun kalau tidak sempat, usahakan memesan makan yang sehat dan bergizi dengan bantuan Office Boy kantor. Pesanlah menu variatif dari senin sampai jum’at agar tidak membosankan jika Anda tidak sempat keluar kantor pada jam istirahat.

Demikian tips sehat bekerja di kantor. Dengan menerapkan tips-tips diatas semoga Anda bisa merasakan kesegaran dan kebugaran selama bekerja penuh seharian di kantor. Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan sharing artikel ini kepada orang yang cintai. Semoga artikel tips sehat bekerja di kantor ini bermanfaat.

error: Content is protected !!