7 Tips Sehat Selama Puasa

Tips sehat puasa. Puasa di bulan suci Ramadhan adalah sesuatu yang menjadi kewajiban bagi kaum muslim di seluruh dunia. Agar Anda bisa menjalani dengan baik dan merasakan betapa lezatnya dan nikmatnya pahala yang ada di dalam bulan suci Ramadhan ini, kita perlu menjaga kesegaran tubuh selama berpuasa. Tidak ada salahnya jika kita mau untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh agar bisa menjalankan puasa dengan maksimal.

Berpuasa dengan badan yang sehat dan bugar akan meningkatkan amalan kita dan kita pun bisa beraktifitas selama bulan puasa dengan baik tanpa harus merasa merasa lemas dan lesu.

tips-sehat-puasa

Berikut adalah 7 tips selama puasa.

1. Makan saat berbuka dan sahur dengan makanan yang berserat.

Sebisanya kita makan sahur dengan makan yang cukup serat. Serat akan menjaga metabolisme tubuh terjaga sehingga tidak menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu. Makanlah sayur-sayuran yang bergizi tinggi dan buah-buahan ketika sahur.

Serat sangat penting untuk menjaga badan dari kekurangan gizi akibat sahur yang kurang baik.

Baca juga : manfaat buah

Jangan terlalu banyak meng-konsumsi kopi ketika sahur, mungkin diantara kita bermaksud agar meminum kopi mencegah rasa kantuk ketika kita beraktifitas di pagi hari. Namun kopi juga bisa membuat jantung terpacu dengan cepat.

Saat berbuka begitu juga, sebaiknya memakan buah-buahan mani yang berserat, agar kebutuhan tubuh akan serat terjaga.

2. Jangan lupa minum air putih 8 gelas.

Sebaiknya juga minum air putih sesui takaran yaitu 8 gelas. Ini bisa disiasati dengan cara membawa air putih ketika shalat tarawih agar kebutuhan air dalam tubuh tidak berkurang selama aktifitas ramadhan.

Begitu juga dikala kita sedang sahur, jangan lupa minum air putih menjelang imsak.

3. Jangan banyak makan waktu berbuka.

Sebaiknya atur pola makan ketika berbuka. Jangan langsung makan berat ketika adzan maghrib berkumandang. Makanlah dengan perlahan agar perut kita tidak kaget menerima asupan dari luar dan inipun menjaga agar lambung tidak menjadi asam.

Jika berbuka makanlah makanan ringan seperti kurma atau buah lainnya secukupnya lalu dengan minum teh hangat manis atau minuman ringan lainnya, setelah itu lakukan shalat magrib. Baru setelah maghrib kita bisa makan yang “agak” sedikit berat namun jangan terlalu banyak.

Pola makan ini bertujuan agar kita masih bisa melakukan shalat Isya dan tarawih berjamaah tanpa harus merasakan kelelahan akibat makan makanan yang terlalu banyak di waktu berbuka puasa.

4. Jangan terlalu banyak tidur di siang hari.

Rasa lapar dan haus memang bisa menyebabkan kita menjadi ngantuk. Atau bisa juga dipicu oleh pola makan sahur yang salah. Rasa kantuk yang datang ketika puasa mengundang kita untuk terlelap tidur disaat siang hari, sehingga tak jarang banyak orang yang sering tidur disaat puasa. Namun jika kita sering tidur di saat puasa, kita harus bisa membatasinya dan memperbaiki pola makan kita.

Baca juga : melatih anak puasa

Sebaiknya jika kita terlalu banyak tidur, kita bisa manfaatkan waktu puasa dengan banyak membaca salawat nabi, membaca Alquran, berzikir atau ibadah-ibadah lainnya yang bermanfaat

5. Tidur yang cukup di malam hari.

Jagalah waktu tidur Anda di malam hari, kalau memang harus ibadah dimalam hari, Anda harus bisa merubah ritme tidur anda, agar diwaktu bangun sahur Anda bisa bangun dengan segar tanpa merasakan kantuk yang sangat berat.

Di bulan ramadhan memang kita harus merelakan jam biologis kita berubah dari biasanya, karena memang di bulan ini kita terpacu untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Namun tetap kita harus menjaga kesehatan dan kebugaran kita.

6. Olahraga yang cukup.

Olahraga di bulan puasa cukup dilakukan dengan waktu yang pendek, agar tidak menguras teanga yang berlebihan. Pilihlah olahraga ringan di waktu pagi dan sore hari. Olahraga ini akan membuat kita tidak menjadi lemas dan tubuh tetap sehat dan fit selalu.

7. Perbanyak sedekah.

Jika tubuh selalu kita jaga, maka rohani-pun harus tetap kita jaga pula. Sering-sering memberikan sedekah kepada orang lain justru akan membuat tubuh kita terasa segar. Karena dengan memberikan sesuatu kepada orang lain, akan menyehatkan badan karena ini akan merangsang endorfin keluar dari tubuh kita. Endorfin adalah perasaan dimana kita merasa senang, nyaman dan bahagia, apalagi setelah kita bersedekah kepada orang lain, dan ini akan menyehatkan badan kita.

Demikian tadi 7 tips sehat selama puasa. Jagalah kesehatan diri agar badan kita selalu fit dan bugar selama puasa sehingga kita maksimal mendapatkan kemenangan di hari suci Idul Fitri nanti. Jangan lupa juga baca artikel kami tentang mendekatkan diri dengan Alqur’an.

error: Content is protected !!