HOME
Home » Lifestyle » Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

Posted at January 29th, 2015 | Categorised in Lifestyle

Ketika libur akhir pekan tiba, tiba waktunya untuk melakukan pekerjaan yang menyenangkan di rumah. Jika Anda tidak punya rencana keluar rumah di akhir pekan, mungkin beres-beres rumah bisa menjadi alternatif liburan di rumah yang menyenangkan. Berikut pekerjaan beres-beres rumah yang menyenangkan.

1. Membersihkan tangki air (toren air)

Tangki air yang berada di atas rumah jika tidak dibersihkan akan menjadi keruh karena pengaruh butiran tanah yang terbawa oleh air yang di pompa.

Biasanya tanda-tanda jika tangki air (toren air) harus dibersihkan adalah ketika bak kamar mandi berwarna keruh atau terdapat lapisan butiran tanah di dinding tangki air.

Untuk jadwal membersihkan toren air memang tidak ada skedul yang signifikan kapan untuk dibersihkan, namun tidak ada salahnya jika kita bisa membersihkannya sebulan sekali atau maksimal 2 bulan sekali. Perhatikan air didalam bak mandi jika air mulia keruh atau tidak kelihatan segar untuk dipakai mandi.

Biasanya toren air berada di belakang rumah yang posisinya berada diatas genteng atau rumah yang menggunakan dak (coran beton) atau ada juga yang menggunakan struktur besi atau baja ringan untuk menyangga keberadaan toren air tersebut.

Agar Anda bisa menjangkau toren air yang berada tinggi tersebut, biasanya membutuhkan tangga atau naik keatas genteng, bukan. Nah untuk satu ini perhatikan juga keamanan dan ketelitian dalam membersihkan toren. Perhatikan jalur naik keatas rumah atau keatas atap dengan hati-hati agar tidak terjatuh.

Untuk membersihkan toren air, alat yang dibutuhkan cukup membawa sikat atau alat pembersih dengan bubuk deterjen atau penghilang kotoran. Caranya dengan menguras toren terlebih dahulu dengan membuka keran drainase d bawah toren agar semua air terkuras sampai habis.

Setelah itu baru kita bersihkan di bagian dalam toren air tersebut dengan sikat. Jika Anda tidak bisa menjangkau ke dalam toren, pergunakan sikat yang memiliki batang atau kayu, sehingga Anda bisa membersihkan bagian dalam toren air tersebut.

Setelah bersih, bilas isi toren dengan air, lalu keringkan kembali. Setelah itu toren sudah bisa diisi air untuk keperluan rumah tangga.

2. Berkebun

Nah untuk rapih-rapih rumah lainnya, sasaran berikutnya adalah depan rumah atau bagian kebun atau taman kecil yang berada di depan rumah kita.

Mulailah dengan membersihkan rumput-rumput liar yang berada di depan halaman yang mengganggu pemandangan. Potong daun-daun yang kelihatan panjang sehingga mempercantik taman. Jika Anda tidak mau dengan pemeliharaan tanaman asli, Anda bisa mengganti dengan pohon plastik yang bisa juga mempercantik dan memperindah taman depan rumah.

baca juga : Berkebun tomat, ini dia manfaatnya

Berkebun merupakan kegiatan yang mengasyikan yang bisa melibatkan seluruh anggota keluarga di hari liburan di akhir pekan. Ajaklah semua anggota keluarga untuk berkebun.

Memiki kebun atau taman di depan rumah dengan hiasan bunga yang tertata apik serta kolam ikan sebagai pelengkap taman, bisa menjadi alternatif meluangkan waktu di akhir pekan.

Untuk keperluan berkebun, Anda bisa mempersiapkan semua alat-alat yang bisa Anda beli di supermarket atau toko bangunan di dekat rumah Anda.

3. Menata ruangan

Biasanya jika Anda sudah bosan dengan tata ruang yang ada saat ini , nah di hari libur akhir pekan ini adalah saat yang tepat untuk menata ruangan Anda. Mendekorasi serta menata ulang ruangan yang ada di rumah bisa menambah semangat hidup serta memberikan nuansa baru di dalam rumah Anda.

Setelah kita membereskan semua perabotan di dalam rumah, kini kita bisa membuat suasana yang lebih segar serta menyejukkan pandangan mata apabila hasil tata ulang ruangan kita sukses.

beres-rumah

 

Libatkan juga seluruh anggota keluarga dalam mendekorasi atau menata ulang ruangan, misalnya saja ruangan keluarga yang tidak begitu besar, namun setelah di tata ulang ternyata memberikan kesan ruangan tersebut menjadi lebar, nah bukankah hal tersebut akan menjadi kesenangan tersendiri bagi semuanya?.

baca juga : 5 Sugesti Ini Akan Membuat Hari Senin Mu Lebih Bersemangat

Demikianlah kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di hari libur atau di akhir pekan yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan safeti dalam bekerja di dalam rumah. Faktor keamanan memang harus dijaga agar kita selalu waspada dalam bekerja di dalam rumah.Sebenarnya masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan di akhir pekan atau hari libur yang bisa membawa manfaat bagi Anda dan keluarga. Semoga hari libur Anda menyenangkan yaa…

Comment Closed: Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

Sorry, comment are closed for this post.

Related Post to Yuk Kita Beres Beres Rumah di Akhir Pekan

7 Langkah Menjadi Remaja yang Sehat

Posted at April 26, 2018

Anggapan masyarakat bahwa penyakit hanya menyerang jika sudah berusia lanjut merupakan anggapan yang sepenuhnya keliru. Penyakit datang tidak mengenal usia, jenis kelamin, status, ataupun... Read More

Wow Tips Awet Muda Secara Alami Ini Membuat Anda Bergairah Sepanjang Hidup Anda

Posted at August 24, 2016

Wow Tips Awet Muda Secara Alami Ini Membuat Anda Bergairah Sepanjang Hidup Anda. Dengan terus bergulirnya waktu yang tidak terasa setiap harinya akibat dari kesibukan... Read More

Tips ini Bisa Membuat Waktu Senggang Bersama Keluarga Makin Hangat

Posted at January 17, 2016

Waktu bersama keluarga adalah waktu yang sangat bermanfaat bagi kita. Disamping membuat suasana kebersamaan semakin erat, juga akan membuat keluarga semakin saling memperhatikan satu... Read More

Avengers Age Of Ultron Referensi Film Keluarga Bulan Ini

Posted at April 27, 2015

Bulan April kali ini banyak sekali tontonan bioskop yang bisa menjadi pilihan kemana nonton di akhir pekan untuk keluarga. Salah satunya adalah Avenger age... Read More

Hari Ayah Memaknai Kehadiran Seorang Ayah Dalam Keluarga

Posted at November 13, 2014

Tanggal 12 November diperingati sebagai hari ayah sebagai tanda penghargaan kepada ayah sebagai sosok kepala keluarga yang berani mempertaruhkan jiwa raga bak seorang pahlawan... Read More


error: Content is protected !!